Posted by: sokongsalaf | August 23, 2007

Pendapat Salafi Matahari Keliling Bumi (geocentric)

Antara kebodohan dan kejahilan tokoh salafi, kononnya berhujah mengikut Al-Quran tapi habukpun tarak. Marilah mengikut dark ages punya pendapat. Al-Quran jangan dipersendakan wahai Syeikh-syeikh salafi, jangan tunjuk sangat kebodohan kamu dalam bab sains, jangan pesongkan makna sebenar ayat Al-Quran

BENARKAH BUMI MENGELILINGI MATAHARI?

Oleh: Asy-Syaikh Muhammad bin Sholih Al-’Utsaimin rahimahullah

Dhohir dalil-dalil syar’I menetapkan bahwa mataharilah yang berputar mengelilingi bumi dan dengan perputarannya itulah yang menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam dipermukaan bumi, tidak ada hak bagi kita untuk melewati dhohir dalil-dalil ini kecuali dengan dalil yang lebih kuat dari hal itu yang memberi peluang bagi kita untuk mentakwilkan dari dhahirnya. Diantara dalil-dalil yang menunjukkan bahwa matahari berputar mengelilingi bumi sehingga terjadi pergantian siang dan malam adalah sebagai berikut:

1.Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman tentang Nabi Ibrahim akan hujjah-nya terhadap orang-orang yang menentang Rabb, firman-Nya:

…فَإِنَّ اللّهَ يَأْتِي بِالشَّمْسِ مِنَ الْمَشْرِقِ فَأْتِ بِهَا مِنَ الْمَغْرِبِ …(258) سورة البقرة.

“…sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia (matahari) dari barat…” (QS. Al-Baqoroh: 258).

2.Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman tentang Nabi Ibrohim:

فَلَمَّا رَأَى الشَّمْسَ بَازِغَةً قَالَ هَذَا رَبِّي هَذَآ أَكْبَرُ فَلَمَّا أَفَلَتْ قَالَ يَا قَوْمِ إِنِّي بَرِيءٌ مِّمَّا تُشْرِكُونَ (78) سورة الأنعام.

“Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata:’Inilah Rabku, ini yang lebih besar’, maka tatkala matahari itu telah terbenam, dia berkata:’Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan” (QS. Al-An’am: 78).

Jika Allah menjadikan bumi mengelilingi matahari, niscaya Allah akan berfirman:”Ketika bumi itu hilang darinya (matahari, pent)”.

3.Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَتَرَى الشَّمْسَ إِذَا طَلَعَت تَّزَاوَرُ عَن كَهْفِهِمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَإِذَا غَرَبَت تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ الشِّمَالِ وَهُمْ فِي فَجْوَةٍ مِّنْهُ … (17) سورة الكهف

“Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit condong dari arah gua mereka ke sebelah kanan dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu…” (QS. Al-Kahfi: 17).

Dalam ayat di atas Allah menjadikan yang condong dan menjauhi adalah matahari, itu adalah dalil bahwa gerakan itu adalah dari matahari, kalau gerakan itu berasal dari bumi, maka niscaya Allah akan berfirman:”gua mereka condong darinya (matahari)”. Begitu juga bahwa penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari menunjukkan bahwa dialah (matahari) yang berputar meskipun dilalah-nya sedikit dibandingkan dengan dilalah firman-Nya:”condong dan menjauhi mereka”.

4.Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ (33) سورة الأنبياء.

“Dan Dia-lah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya” (QS. Al-Anbiya’: 33).

Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu berkata:”Berputar dalam satu garis edaran alat pemintal”. Penjelasan itu terkenal darinya.

5.Allah Azza wa Jalla berfirman:

…يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا…(54) سورة الأعراف

“Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat…” (QS. Al-A’rof: 54).

Allah menjadikan malam mengejar siang, dan yang mengejar itu yang bergerak dan sudah maklum bahwa siang dan malam itu mengikuti matahari.

6.Allah Subahanahu wa Ta’ala berfirman:

خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ يُكَوِّرُ اللَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى أَلَا هُوَ الْعَزِيزُ الْغَفَّارُ (5) سورة الزمر

“Dia menciptakan langit dan bumi dengan tujuan yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun” (QS. Az-Zumar: 5).

Firman-Nya:”Menutupkan malam dan siang” artinya memutarkannya seperti tutup sorban menunjukkan bahwa berputar adalah dari malam dan siang di atas bumi. Kalau saja bumi yang berputar atas keduanya (malam dan siang) niscaya Dia berfirman:”Dia menutupkan bumi atas malam dan siang”. Dan makna firman-Nya:”…matahari dan bulan, semuanya berjalan” menerangkan apa yang terdahulu menunjukkan bahwa matahari dan bulan keduanya berputar dengan putaran yang semestinya, karena menundukkan yang bergerak dengan gerakannya lebih jelas maknanya daripada menundukkan yang tetap diam tidak bergerak.

7.Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا. وَالْقَمَرِ إِذَا تَلَاهَا (1-2) سورة الشمس

“Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengiringinya…” (QS. Asy-Syams: 1-2).

Makna “mengiringinya” adalah datang setelahnya, dan itu adalah dalil yang menunjukkan atas berjalan dan berputarnya matahari dan bulan atas bumi. Seandainya bumi yang berputar mengelilingi keduanya tidak akan bulan itu mengelilingi matahari, akan tetapi kadang-kadang bulan mengelilingi matahari dan kadang-kadang matahari mengiringi bulan, karena matahari kedudukannya lebih tinggi daripada bulan. Dan untuk menyimpulkan ayat ini membutuhkan penelitian.

8.Allah Azza wa Jalla berfirman:”Dan suatu tanda (kekuasaan Allah Yang Maha Besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan, dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapn Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya” (QS. Yaasiin: 37-40).

Penyandaran kata berjalan kepada matahari dan Dia jadikan hal itu sebagai kadar/batas dari Dzat yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Menunjukkan bahwa hal itu adalah jalan yang sesungguhnya dengan kadar yang sempurna, yang mengakibatkan terjadinya perbedaan siang dan malam dan batas-batas waktu. Dan penetapan batas-batas edar bulan menunjukkan perpindahannya di garis edar tersebut. Kalau seandainya bumi yang berputar mengelilingi, maka penetapan garis edar itu untuknya bukan untuk bulan. Peniadaan bertemunya matahari dengan bulan dan malam mendahului siang menunjukkan pengertian gerakan muncul dari matahari, bulan, malam dan siang.

9. Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Abu Dzar r.a dan matahari telah terbenam. Artinya:”Apakah kamu tahu kemana matahari itu pergi?” Dia (Abu Dzar) menjawab:’Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu’. Beliau bersabda:”Sesungguhnya dia pergi lalu bersujud di bawah Arsy, kemudian minta izin lalu diizinkan baginya, hampir-hampir dia minta izin lalu dia tidak diizinkan. Kemudian dikatakan kepadanya; Kembalilah dari arah kamu datang, lalu dia terbit dari arah barat (tempat terbenamnya)” atau sebagaimana sabdanya1).

Firman-Nya:“Kembalilah dari arah kamu datang, lalu dia terbit dari tempat terbenamnya” sangat jelas sekali menunjukkan bahwa matahari itulah yang berputar mengelilingi bumi. Dengan putarannya itu terjadinya terbit dan terbenam (siang dan malam).

10. Banyak hadits-hadits yang menerangkan tentang penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari, maka maka jelaslah bahwa hal itu terjadi dari matahari bukan dari bumi.

Boleh jadi disana masih banyak dalil-dalil lain yang tidak saya hadirkan sekarang, namun apa yang telah saya sebutkan sudah cukup. Wallahu Muwaffiq.

Dinukil dari: Majmu’ Fatawa Arkanil Islam, soal no: 16.

Catatan kaki:

1) HR. Bukhari no. 3199; Muslim no. 159.


Responses

  1. Antara kebodohan dan kejahilan tokoh salafi, kononnya berhujah mengikut Al-Quran tapi habukpun tarak. Marilah mengikut dark ages punya pendapat. Al-Quran jangan dipersendakan wahai Syeikh-syeikh salafi, jangan tunjuk sangat kebodohan kamu dalam bab sains, jangan pesongkan makna sebenar ayat Al-Quran

    Wahai bebudak Azhar beginikah kaedah bantahan yg kamu pelajari disana. Tak ada nas yg Qat’i dlm berhujjah. Cuba kamu hayati betol betol hujjah Syeikh Muhammad diatas setiap kata katanya disertai dgn dalil Quran & sunnah kemas dan tersusun.

    Kalau ginilah gamaknya budak darjah khas pun boleh!!!!

  2. Di antara manusia ada yang memiliki hasrat dan semangat yang tinggi, sehingga mereka bisa mendalami berbagai cabang ilmu syariat, berupa ilmu Al-Qur`an, hadits, fiqih dan sastra. Lalu Iblis mendatangi mereka dengan talbis-nya yang lembut, sambil membisikkan kesombongan kepada mereka, karena mereka bisa mendalami berbagai macam ilmu dan bisa mengulurkan manfaat kepada orang lain.

  3. Orang yang dibelit Syaitan mungkin juga Rasul Dahari, ASri dan Syek Bin Baaz yang menghalalkana tentera Syaitan Amerika yang berada di tanah suci. membuat fatwa main suka-suka untuk kepentingan Syaitan Amerika. Sudarjo juga jangan pandai menyalahkan orang lain sahaja. Lihat sendiri tukang2 fatwa KSA adakah mereka juga tidak terlingkar oleh IBLIS?

    Rasul Dahripun dah terlingkar dengan iblis bila sibuk nak menyesatkan Syed Qutb. Tengok diri ya.

  4. akai tak panjang, tp nk buat ulasan.. ni lah dia.

  5. subhanallah,begitakah kamu menamakan dirimu salafi hakiki tapi begitu lantang ulam kamu caci maki, begitukah adab seorang muslim terhadap ulama?? apakah kamu lebih alim daripadanya?? berapa banyak karanganmu dibanding karangannya yang begitu banyak manfaatnya bagi kaum muslimin?? apakah kamu tidak mengenal siapa ibnu Utsaimin?? sungguh sangat bodoh jika kamu tidak mengetahui ibnu utsaimin, ulama muktabar sekaliber dunia,ulama dambaan umat muslim dunia, ulama yang selalu berbicara tentang agama berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah bukan dengna akal pikiran, hawa nafsu seperti kamu. apakah kamu menolak hujjah yang dibawakan oleh ibnu utsaimin itu??apakah kamu mengakui kebenaran yang dibawanya??jika beliau salah tunjukkan hujjahmu untuk membantahnya wahai yang menamakan dirinya “salafi hakiki”. jangan kamu ikutkan akalmu oleh sain-sain produk kafir amrika, yahudi laknatullah itu. apakah kamu berkiblat dan berhukum dengan produk mereka?? apakah kamu menolak hukum-hukum dari al-quran yang ia merupakan firman dari Rabbmu?? apakah kamu menolah hukum kedua dalam islam yaitu sunnah Nabi sebagai tauladan kita??jawablah dnegan hati yang jujur wahai saudaraku.

    Untuk wahai Musa Mohd, apakah kamu mengenal syaikh bin baz?? sungguh sangat bodoh akalmu dna dangkal pengetahuanmu jika kamu tidak mengenal syaikh bin baz, ulama yang kamu hinakan sebagai antek amerika?? buktikan wahai Musa Mohd perkataanmu itu menjadi saksi dihadapan Allah dihari kiamat nanti. ulama umat islam sedunia yang banyak dipuji oleh ulama termasuk Al-Qaradawi, memang jahil bagi kamu tidak mengenal syaih bin baz. apakah kamu tidak berpikir wahai Musa Mohd bahwa ulama berfatwa itu tidak sembarangan mereka mengeluarkan fatwa adalah dengan berbagai pertimbangan dengan melihat berbagai maslahat dan mudarat bagi kaum muslimin. bukan seperti bicaramu yang memperturutkan hawa nafsu dan mengedepankan akal pikiran.

    apakah kamu tidak mengetahui kesesatan sayid Qutb??, sungguh jahil jika kamu tidak mengetahui kesesatannya. sedangkan pengikutmupun sudah terang-terangan mengakui kesalahan sayid Qutb. kesalahan yang mengkafirkan kaum muslimin, jika kamu membela kesalahan itu dan mempertahankannya berarti kamu telah dikafirkan oleh sayid Qutb, baca tulisan syaikh kami Dr. Rabi bin Hadi Al-Madkhali yang membongkar kesesatan sayid Qutb. jangan kamu sok pintar wahai Musa Mohd, belajarlah kamu denagn manhaj salaf, jangan belajar dengan pemikiran IM, sayid qutb, jangan kamu taklid dan taasub dengan mereka. berpikirlah yang jernih jangan kedepankan hawa nafsumu. raihlah kehidupan akhirat dengan jalan yang telah disyariatkan. jangan kamu terpengaruh oleh banyaknya orang yang mengikuti kelompokmu. banyak atau sedikitnya pengikut suatu dakwa tidak berati dakwah itu benar. dakwah itu benar jika ia mencocoki Al-Quran dan As-Sunnah shohihah diatas pemahaman salafus sholeh.

  6. Untuk Abu Saif dan Sesiapa yang mengimami Matahari itu mengelilingi Bumi,

    Perlu saya jelaskan bahawa salafi-salafi di Malaysia sebenarnya menolak pendapat ini. Mereka lebih senang berhujang dengana pendapat Haron Yahya. Bakan beberapa pengikut Salafi ORI Malaysia, telah istibra’ dengan syeikh salafi dalam bab ini.

    Mungkin salafi indonesia yang kurang pengetahuan tentang sains dan hakikat alam sahaja yang masih lagi memegang pendapat songsang ini, satupun tidak ada nas yang menjelaskan bahawa “Wahai orang-orang beriman sesungguh matahari mengelilingi bumi”, Dr Sulaiman Nordin seorang salafi Malaysia juga menolak pendapat matahari mengelilingi bumi ini. Dia buat master sains di Universiti SAUdi tuh. tapi pendapat bodoh salafi dia tolak.

    Mungkin group salafi.or.id patut baca buku sains dan buat kajian saintifik sikit, minta dengan Mas Susilo Bambang lebihkan peruntukan pendididkan untuk subjek sains kerana ramai salafi indonesia agak bodoh sains, bebanding dengan salafi Malaysia.

  7. barangkali di sini ramai sekali pakar tafsir mengalahkan para ahli tafsir yg ilmu.

    hakikatnya, berhujjah bagaikan keldai…

  8. Para salaf di indonesia bukanlah orang bodoh science.bnyk dr mereka para ilmuan science lu2san amerika eropa cum laud,bkn UKM. Tp bwt apa mreka bicara krn sungguh orang ilmu dunia tdk brarti di akhrat kelak. Tp liat diri kalian yg sombng,TKNG FITNAH

  9. Bertobatlah sebelum hari dimana dinar dan dirham tdk brguna maka dosa kalian brtambh bnyk.
    Jgn memfitnah ulama sebab kalian siapa,apa lbh kalian dr ulama.

  10. Jgn bw nama salaf hakiki atau indonesia.apa itu yg didapat dr ulama kalian,menjadi tukang fitnah,pembohong.jgn ghuluw atau taqlid pd yg salah.salaf ingn persatuan diatas kebenaran(al jama’ah) bkn diatas maksiat bidah.bc ighotsatul laafan,riyadush sholihn

  11. tak belajar ilmu sains ke…..janganlah suka-suka hati je tafsir Quran dan hadith.

  12. salam,
    Jangan harap Syeikh Saud nak belajar ilmu sains, nak carigali minyak di Saudi sendiri perlu pakar dari AS.
    Sesiapa yang belajar ilmu pebangunan, maka Arab Saudi antara contoh negara kaya tapi tidak membangun kerana tidak ada kesan pembangunan hakiki, yang ada hanyalah kerana dibangunkan oleh orang lain kerana mereka berduit.
    Itu sahaja, tapi putaran ganas kebodohan, ada di Saudi.

  13. Assalamu’alaikum akhi,
    Itulah kelemahan kita, salah dan sempit dalam berpikir dan mengambil hujjah. Setiap pendapat syeikh belum tentu benar, walaupun dengan dalil-dalil syar’i, karena setiap orang bisa beda pendapat dalam memahami atau menafsirkannya.
    Ini harus menjadi pelajaran kita bahwa kita harus melihat meneliti dan memikirkannya, bukan sekedar dalil ( QS. 3: 190-191).
    Belum kalau kita dengan ilmu sains dengan teknologi mutakhir hal ini sudah jelas bahwa pusatnya adalah matahari. Wallohu a’lam

  14. sial,ternyata di dalam islam terjadi perpecahan yang tidak ada kedamaian di dalamnya.

  15. teruslah seperti ini,teruskan wahai umat Muhammad SAW yang merasa benar dan sombong dengan sedikit ilmu yang diambil dari telaga Muhammad SAW.dan orang-orang yahudi,nashara,beserta iblis dan tentara syaithon akan tertawa terbahak-bahak Karena melihat hasil kerja mereka yang successssssss gilang-gemilang!!!!!!!!!!!
    APA ANTUM SENANG,MENYENANGKAN MEREKA DENGAN BERBANTAHAN KALIAN?
    setiap individu merasa dirinya di jalan yang lurus,benar dan paling dekat dalam ittiba’,tapi sayang,,,,kita selalu malu jujur pada diri kita,bahwa kita masih teramat jauh dari yang dinamakan ittiba’.kita begitu tinggi hati mengakui kelelmahan kita dalam memahami apa yang telah Muhammad SAW wariskan kepada kita………

  16. Kau orang cakap tentang Islam ni memang kelihatan sangatlah hebat, mari kita tanya…
    Islam ni siapa yang punya???? Bila kamu beragama????
    Siapa yang mengatakan kamu Islam……..

  17. Saudara hendaklah mengemukan hujah2 bersandarkan kitab seperti mana Rasul Dahri mengemukan bukti kitab yg dibawanya.Menyanggah pihak lawan dengan cercaan tanpa mengusulkan bukti kitab adalah satu perbuatan yg tidak adil dan bertanggungjawab.Sampai bila ilmu islam hendak berkembang jika kita menyanggah ilmu orang lain dengan kata nista? Dengan mengambil sebahagian daripada kata2 lawan untuk berhujah dan membelitkan fakta, adalah satu penghujahan yang tidak bertanggungjawab. Datangkan rujukan kitab.. dalil2 barulah boleh berhujah. Jika pihak lawan berhujah dengan point A, kita hendaklah datangkan hujah berkaitan dengan point A. Barulah nampak dewasa perdebatan ilmu Islam di Malaysia. Mufti dan majlis agama patutnya panggil mereka2 ni untuk muzakarah sama ada golongan ulamak mainstream atau radikal berada dalam satu dialog. Bila ulamak sama ulamak “berperang” dan menghentam ulamak lain dalam majlis ceramah lain atau Youtube atau blog dan sebagainya akan mendatang risiko yang besar terhadap orang awam dan menimbulkan resah gelisah.

  18. salam semua, malang sungguh nasib saya. saya mencari-cari ilmu agama di dalam internet ini (memandangkan betapa ceteknya ilmu saya) tapi apa yang jumpa pertikaian saudara sesama muslimin dengan begitu kasar sekali..

    saudara-saudara sekalian, janganlah begini sesama kita, kelak dikhuatiri menjadi fitnah kepada agama sendiri..

    berbincanglah dengan berkhemah dan sopan..moga orang-orang seperti kami dapat mengambil pengajaran dari ilmu-ilmu saudara..

    janganlah bergaduh atas ayat-ayat mutashaabihat, bukankah takwilnya hanya milik Allah? ajarkan saya tentang ini..

  19. al quran itu benar..yang salah tafsiran manusia…bagi saya ayat matahari naik dari timur jelas…..tetapi naik dari timur ada dua mungkin iaitu samada bumi berputar atau matahari berputar…jika pendapat Muhammad bin Sholih Al-’Utsaimin salah dari segi ilmu sains pasti memalukan umat islam…
    Jangan kutuk drmaza atau selainnya..,berhujahlah secara matang..

  20. Asslamualaikum. Lama dah web ni tak di reply. Namun baru 2 ni teringat pulak perkara ni. Terasa nak bagi sedikit pendapat, .Pada saya , saya lebih percayakan apa yang disebut oleh Al-Quran hatta tidak logic pada akal dan kajian sains..Ini kerana Al-Quran merupakan qalam Tuhan semesta alam. Namun,saya cuba juga merungkai bagaimana kita boleh mendakwa bumi mengelilingi matahari atau sebaliknya.. Jika anda ambik 2 keping duit syiling, dan cuba buat supaya kedua-duanya cuba mengelilingi antara satu sama lain.Mungkin anda akan dapat jawapannya. Atau satu teori relatif yg lain, jika kereta anda berada di sebelah bas/lori yang panjang.Tiba2 bas/lori itu bergerak ke depan(jika dilihat dari satu sudut, kita akan terasa seolah2 kereta kita yang berundur.tetapi sebaliknya..
    Sekadar pendapat.. Al-Quran itu benar-Hadith itu juga benar-walaupun tidak logic dek akal manusia..

  21. dalam memhami al-qur’an harus dipahami, dikaji secara dalam. dengan memikirkan ayat-ayatnya bukan di bahas secara tekstual saja tapi harus dikaji secara dalam
    “…sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia (matahari) dari barat…” (QS. Al-Baqoroh: 258).

    dalam pergerakan ini kita analisa di misalkan kita naik kendaraan, coba anda lihat kesamping apakah anda lihat pohon disamping anda bergerak atau diri anda bergerak. anda akan melihat diri kita diam sedangkan pohon disambing kita bergerak. karena anda melihat pohon itu bergerak maka anda berkesimpulan bahwa jadi pohon yang bergerak bukan anda.(apakah itu ksimpulan keliru)
    ayat diatas menjelaskan bahwa pada kita bahwa matahati oleh kita kelihatan bergerak dari timur ke barat padahal itu hanya pandangan mata saja. oleh karena itu dalam mengkaji sesuatu apalagi alqur’an tidak cukup hanya dengan kajian tekstual saja tapi perlu dikaji secara dalam.
    coba anda ambil gelas lalu isi dengan air bening, lalu masukan pinsil anda kedalamnya anda akan melihat bahwa pinsil itu bengkok, tapi begitu diangkat pinsil ternyata lurus lagi apakah ini sihir atau sulap atau bagaimana, inilah gunanya kita berpikir dan menganaisa tidak cukup hanya dengan mata saja, hal ini hanya bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahua.

  22. pendebatan ilmu ni sgt bagus.. tapi biarlah berhemah sikit.. mengemukakan ilmu yg kita ada utk tatapan org lain sgt lah mulia. tapi harus dingat: bukan dgn niat utk menang atau mempertahankan siapa betul dan siapa salah.. buatlah atas dasar tanggungajawab sebagai umat islam yg disyariatkan utk berpesan2 atas jalan Allah. jika kita berpegang pada hakikat ini, maka kita akan lebih berhemah dan sopan apabila menyampaikan hujjah atau pandangan. itu lah cara yg paling afdal dan bermanafaat serta dikurniakan pahala.. InsyaAllah

  23. sains tahi kucing kerna meramal bukan2 hingga menakutkan manusia.saintis tu bukan Tuhan. inilah fitnah dajjal. saintis meramal kiamat begini dan begitu,sehingga ada tarikh kiamat lagi oohhh.sedangkan terang2 dlm Al Quran ada terangkan bagaimana kiamat. Saintis tahi kucing..:P

  24. hahaha
    lucu deh.
    malaysia indonesia singapura israel saudi usa uk cina dll

    mau pindah ke mars aja dah gw, ohya kalo gak ke galaxy lain jg boleh,
    ohya trus ntar gimana dong gw solatnya jauh bgt kakbahnya..
    eh ga boleh ngomong gini ya, ntar gw di salib lagi kyk yesus.

    say no to religion, yes to god (pantheist), yes to science

  25. ane kagum sama uraian sdr Kumara Tsabit, begitulah kira2 pandangan kita secara fisik, jadi kalau hendak menafsirkan al Qur’an jangan hanya dipandang kata demi kata tapi secara maknawi bagaimanakah sesungguhnya sifat2Nya dan sifat semua ciptaanNya. Suatu permisalan yg cerdas… bagus sekali…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: